Pengin Sekolah Jurusan IPA, Tapi Kurang Pintar IPA?

Pertanyaan

Saya mau mendaftar ke SMA dengan jurusan IPA karena cita cita saya harus SMA jurusan IPA, apakah saya bisa lulus sekolah SMA jurusan IPA karena saya tidak terlalu pintar dan saya juga tidak bisa Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

[P, di kota W].

Jawaban

Idealnya, cita-cita itu adalah sesuatu yang kita sukai. Misal, kita suka belajar ekonomi, lalu cita-cita kita jadi pengusaha. Kita suka ilmu hukum, lalu bercita-cita jadi pengacara hebat. Kita suka desain-desain bangunan, lalu ingin jadi arsitek. Nah, kalau di kasus sini, adik punya cita-cita yang terkait dengan IPA, tetapi adik mengaku gak terlalu pintar Matematika dan IPA khususnya. Kalau Bahasa Inggris, baik di IPA, IPS ataupun bahasa, pasti akan terus keluar. Nah, masalahnya, dua pelajaran itu pasti sangat berkaitan erat dengan jurusan IPA.

Pertama, coba cek dulu, apakah adik suka dengan pelajaran IPA? Kalau tidak suka, kenapa bercita-cita di jurusan IPA? Apakah karena keinginan orang tua, atau merasa bahwa jurusan IPA itu sangat bergengsi? Ah, nggak juga. Menurut kami, semua jurusan itu bergengsi. Jadi, coba deh, memikirkan untuk mencari cita-cita dari yang adik sukai. 

Kedua, kalau ternyata suka IPA, coba dicek lagi tidak terlalu pintarnya itu kenapa? Apa karena (maaf) gurunya tidak menyenangkan, kurang usaha (kurang belajar) dll. Pelajaran matematika dan IPA memang kudu banyak latihan dan mengulang-ulang. Coba deh, sekarang diperbanyak lagi jam untuk belajar di rumah. Kalau guru kurang akomodatif atau kurang responsif, bisa juga coba cari tambahan les pelajaran tersebut.

Eh, kalau tidak salah, di kurikulum merdeka ini, sudah tidak ada penjurusan IPA, IPS atau bahasa. Ini bisa memudahkan adik untuk memilih apa sebenarnya pelajaran-pelajaran yang paling adik sukai. Tetapi, lebih detilnya, silakan tanyakan ke guru BK di sekolah adik, ya.

Semoga jawaban ini membantu.