5 Tipe Teman, Kamu Tipe yang Mana?


Punya teman itu sungguh mengasyikan, ya nggak sih? Seindah apapun tempat tinggal kita, semewah apapun kehidupan kita, apa jadinya jika kita justru merasa kesepian? Apa sih, kurangnya surga. Tetapi, di dalam surga, Nabi Adam a.s. pun merasa kesepian dan memohon agar diberi teman. Maka, Allah SWT pun menciptakan Bunda Hawa sebagai teman sejati Nabi Adam a.s.

Tetapi, pada kenyataannya, nggak semua teman itu menyenangkan. Ada juga yang jutek, menjengkelkan, bikin kita merasa sebal, dan sebagainya.

Ada beberapa jenis teman, nih. Ada yang sangat mulia, ada pula yang justru bikin kita binasa.

Pertama, teman yang seperti oksigen

Siapa yang tidak membutuhkan oksigen? Tutup hidung dan mulutmu selama satu menit saja. Bagaimana rasanya? Oksigen adalah salah satu unsur penting dalam kehidupan. Setiap hari kita menghisapnya. Namun, kita tidak pernah menyadari. 

Nah, ada mungkin teman kita seperti itu. Dia begitu ikhlas menyayangi kita. Tetapi sayangnya, kita tak menyadarinya. Kita kadang menyia-nyiakannya. Baru ketika dia pergi, kita tersadar, betapa berharganya dia.

Kedua, teman yang seperti makanan lezat

Makanan lezat itu jelas diburu. Kalau perlu, kita harus tebus dengan harga mahal. Sama-sama semangkuk bakso, kamu akan rela membayar mahal bakso yang lebih enak rasanya, kan? Makanan yang bergizi juga kita butuhkan. Tetapi, kalau kebanyakan makan, kita akan eneg, mual, bahkan penyakitan.

Ada teman jenis itu. Dalam porsi pas, dia akan sangat kita butuhkan. Kita mau berkorban untuknya. Kita sangat menikmati kehadirannya. Tetapi, kalau berlebihan, kita akan merasa bosan dan bahkan tidak bagus untuk hidup kita.

Ketiga, teman yang seperti obat

Obat itu pahit, tapi menyembuhkan. Kalau kita sakit, yang kita cari kan obat. Tetapi obat rasanya pahit. Dalam kehidupan, ada teman-teman yang tampaknya selalu kritis, sadis dan sinis, tetapi sesungguhnya dia adalah obat untuk sakit kita.

Keempat, teman yang seperti arak

Arak itu enak, bukan? Eh ... penulis sih belum pernah merasakan. Tetapi katanya arak itu enak, hehe. Meski enak, ternyata arak itu memabukkan dan mempercepat jalan kita  ke... kuburan alias kematian. Nah, ada tidak teman kita yang semacam itu? Sepertinya sangat menyenangkan, tetapi ternyata begitu banyak kerusakan yang ditimbulkan.

Kelima, teman seperti racun

Sudah tidak enak (saya juga belum merasakan sih, haha), mematikan pula. Sebenarnya, buat apa punya teman seperti ini? Tetapi, kadangkala kita tidak bisa menghindar. Kalau sudah begitu, ya sabaaar!

Nah, Sobat muda... itu jenis-jenis teman. Karena kita juga teman bagi teman kita, perlu rasanya melakukan introspeksi ya, kamu termasuk teman tipe yang mana?

Penulis: Yeni Mulati.