Aku Merasa Jelek, Bodoh, Tak Berguna, Minta Solusi Dong!


Pertanyaan:

Kak, mau nanya. Kenapa aku merasa bahwa aku ini sangat jelek, bodoh, jahat, tak berguna. Sahabatku gak mau dekat, orang tua selalu ngomel, prestasi aku buruk, aku nggak bisa dibanggakan apalagi diandalkan. Minta solusi dong?

M, di Wonogiri


Jawaban:

Hai, dik M. Masalahmu kayaknya kompleks banget ya. Tentu kakak tidak bisa menjawab dengan mendetail jika hanya beberapa kalimat saja yang kamu sampaikan. Kenapa merasa jelek, kenapa merasa bodoh dan sebagainya, itu kamu perlu detailkan. Karena, kadang ada yang merasa bodoh, padahal nilainya lumayan, hanya saja karena standard dia terlalu tinggi, nilai 75 yang buat kebanyakan orang dianggap lumayan, baginya termasuk jelek.

Tapi, oke deh... ada satu tips untuk kamu, semoga berguna. Seringkali, perasaan negatif yang ada pada kita muncul dari akumulasi kekecewaan demi kekecewaan dan kegagalan-kegagalan keci yang menumpuk, sehingga menimbulkan persepsi negatif diri kita terhadap diri kita sendiri. Solusinya, coba lakukan sebaliknya.

Akumulasikan kesuksesan-kesuksesan kecil, dengan cara melakukan hal-hal yang mudah kamu lakukan, namun bermanfaat. Singkirkan perasaan tidak nyaman di dalam hati dengan lebih banyak berbuat kebaikan. Sekali lagi, mulai dari yang terkecil, termudah dan sangat mungkin kita lakukan. Misal, kita melihat ada sampah berserakan di halaman sekolah, sementara di depanmu ada sapu dan tempat sampah. Kenapa nggak coba bersihkan, toh mudah banget itu dilakukan.

Cobalah pula untuk menyapa orang di sekitarmu, "hai, apa kabar? sehat-sehat saja?" "hai, gimana PR semalam, sulit nggak?" Sapaan-sapaan yang terasa receh itu, seringkali berefek bagus sekali, bahkan di luar dugaan kita lho. Juga, tersenyumlah dengan tulus di depan orang tuamu, saudaramu, teman-temanmu. Tapi jangan senyum-senyum sendiri, hehe. 

Tak kalah penting, coba deh cari hobi dan potensi yang adek miliki, asah terus, syukur-syukur bisa berprestasi.

Kebaikan-kebaikan kecil yang terakumulasi, akan menjadi semacam aliran air yang akan menghanyutkan semua kotoran dalam benak kita. Setelah semua itu adik lakukan, kira-kira ada perubahan nggak? Boleh deh nanti sharing hasilnya.

Selamat mencoba!

(Kak Yeni)