Sambut Tamu Penggembira Muktamar 48, Psikologi UMS Sediakan Pondokan Gratis

Sebagian tamu berfoto di depan Kampus Psikologi UMS

Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiah telah berakhir, namun suasana penuh kegembiraan masih terasa. Di Kampus Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, para tamu penggembira terlihat masih menikmati kesegaran suasana kampus. Pada muktamar ke-48 Aisyiah dan Muhammadiyah ini, Fakultas Psikologi UMS menerima ratusan tamu. Menurut Dr. Usmi Karyani, M.Psi, ketua panitia penyambutan penggembira dari Fakultas Psikologi UMS, mereka terdiri dari 77 laki-laki dan 125 perempuan, belum termasuk belasan anak-anak. “Mereka berasal dari Sulawesi Selatan, yakni Bulukumba, Takalar, Barru dan Sinjai. Mereka datang ke Solo sejak 16 November dengan menggunakan kapal laut ke Surabaya, lalu dilanjutkan dengan bus menuju Solo,” jelas Usmi. Rencananya, mereka akan check out dari Kampus Fakultas Psikologi UMS pada 23-24 November 2022. Namun, sebagian dari mereka memang sudah check out terlebih dahulu.

Di kampus yang rindang dan sangat bersih itu, para tamu disambut oleh civitas akademik Fakultas dengan ramah dan penuh suka cita. Dekan Fakultas Psikologi UMS, Prof. Taufik Kasturi, PhD langsung memimpin penyambutan tersebut bersama sejumlah dosen, tenaga pendidik dan relawan mahasiswa.

Untuk menyambut para tamu penggembira muktamar tersebut, Psikologi UMS menyulap kampusnya menjadi semacam penginapan yang cukup representatif. Ruang kelas digunakan sebagai tempat tidur dengan berbagai peralatan tidur, yakni tiga ruang di lantai tiga untuk tamu laki-laki, dan empat ruang di lantai empat untuk tamu perempuan. Selain penginapan, fakultas juga memberikan fasilitas berupa nasi box, camilan malam, sarapan pagi, air galon lengkap dengan teh, gula dan kopi, serta obat-obatan dan handshop. Sejumlah 16 kamar mandi yang bersih dengan air cukup berlimpah, membuat istirahat para tamu menjadi lebih nyaman.

Bahkan, para relawan mahasiswa juga membantu para tamu untuk terhubung dengan laundry-laundry di sekitar kampus bagi yang membutuhkan jasa laundry. Para tamu tampak terkesan dengan kesigapan para relawan mahasiswa dan tenaga kebersihan dalam melayani mereka. Meski menjadi tempat penginapan 200an tamu, lokasi tampak selalu bersih dan rapi.

Dekan Fakultas Psikologi UMS, Prof. Taufik Kasturi sedang menyambut para tamu

Tak hanya tamu, para relawan juga merasa sangat terkesan dengan kegiatan penyambutan tamu penggembira muktamar yang dilakukan oleh Psikologi UMS. “Ada ibu-ibu Lansia usia 77 tahun, beliau sebenarnya sedang sakit sejak 5 hari sebelum muktamar, tetapi masyaAllah, semangatnya!” tutur Riandini, salah seorang relawan mahasiswa. 

“Dana untuk kegiatan ini bersumber dari donasi pada dosen, tenaga pendidik dan juga masyarakat,” ujar Usmi. Donasi tersebut diberikan dengan ikhlas serta penuh kegembiraan dalam rangka menyambut para tamu dari jauh tersebut. Pihak kampus sepenuhnya menyadari, bahwa untuk hadir dalam rangka menyemarakkan agenda muktamar, mereka telah melakukan pengorbanan dengan perjalanan panjang dan melelahkan. Maka, sebisa mungkin, sebagai salah satu tuan rumah, Fakultas Psikologi UMS berusaha untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya.