Kenapa Semua Orang Harus Cantik?


Pertanyaan:

Di mana-mana orang pengin cantik, orang cantik selalu jadi pilihan, orang cantik dipuja-puja. Kenapa semua harus cantik?

DM di Somewhere

Jawaban:

Hai, DM, pertanyaanmu menarik. Kenapa semua orang harus cantik? Sebenarnya itu hanya sebuah stereotype. Arti stereotype, menurut Samovar dan Porter, adalah sebuah persepsi, atau pandangan dari seseorang atau kelompok tentang sesuatu, namun pandangan itu hanya mengikut dari pendapat atau sikap yang terbentuk lebih dahulu. Jadi, stereotype itu sifatnya cenderung menggeneralisasi, merupakan sebuah penilaian yang sebenarnya tidak seimbang. Ahli yang lain menyebutkan bahwa stereotype itu adalah gagasan yang keliru (false idea) namun cenderung menjadi kesepakatan. Kesepakatan untuk melakukan hal yang keliru dan seringkali merugikan atau negatif.

Pandangan bahwa semua harus cantik itu menjadi sebuah stereotype, terlebih ketika definisi cantik kemudian disematkan pada golongan tertentu. Di Indonesia, karena 3,5 abad kita dijajah orang Eropa, akhirnya standard kecantikan pun mengikuti Eropa. Orang yang cantik harus putih, tinggi, hidung mancung, dan sebagainya. Jadi, yang kulitnya cokelat, gelap, hidung pesek, dan sebagainya, dianggap jelek. Padahal, cantik sendiri itu relatif.  Lebih dari itu, pandangan bahwa semua harus cantik, itu sebenarnya sekadar pandangan yang sifatnya inderawi saja. Sementara, hidup manusia nggak sekadar masalah inderawi. Ada yang jauh lebih penting, misalnya hati yang baik, akhlak yang mulia, dan sebagainya.

Jadi, sebenarnya tidak ada yang mengharuskan semua menjadi cantik. Kalau kita ditakdirkan memiliki wajah yang tidak menawan, ya tetap disyukuri. Kemuliaan seseorang bukan dipandang dari wajahnya, tetapi dari hatinya, dari ilmunya, dari perbuatannya. Untuk apa punya wajah cantik, tetapi hatinya judes, galak, sombong, suka sewenang-wenang dan berbagai perilaku buruk lainnya.

So, yang terbaik, jadilah diri sendiri, syukuri apa yang ada dan raihlah prestasi terbaik. Ada quotes bagus begini:

“A beautiful woman is one with a beautiful heart. She may be covered with mud or sores but only her foot fit the glass slipper.”

― Omoakhuana Anthonia

Artinya, “Wanita cantik adalah wanita yang memiliki hati yang indah. Dia mungkin tertutup lumpur atau luka, tetapi hanya kakinya yang cocok dengan sepatu kaca itu.”

Setuju? [YM].