Tips Agar Bisa Mengatasi Stres


Aku stres berat, gimana nih cara mengatasinya. Aku bisa gila jika terus-menerus tertekan seperti ini. Duh, gimana sih caranya biar hidupku happy? Beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada ADMIN CURHATYUK! melalui link CURHAT ONLINE bertemakan semacam itu. Intinya, mereka dalam kondisi stres berat, dan butuh tips untuk mengatasinya. 

Sobat Muda, sebenarnya stres adalah suatu hal yang alamiah. Stres merupakan respon tubuh ketika menghadapi tekanan-tekanan dari luar yakni segala sesuatu yang menjadi penyebab stres, sering disebut sebagai stresor. Ada bermacam-macam stresor. Pada usia remaja, stresor yang lazim terjadi biasanya beban akademis di sekolah. PR, tugas-tugas, ujian, hingga sikap guru yang kurang ramah, atau mungkin teman-teman yang tidak friendly. Stres-stres yang terjadi di sekolah atau kampus, sering disebut sebagai stres akademik.

Selain itu, ada stresor lain, misal masalah cinta. Wajar ini, karena di usia remaja, biasanya kan sudah mulai menyukai lawan jenis. Dengan disekresikannya hormon-hormon reproduksi, seperti estrogen pada kaum perempuan dan testosteron pada kaum pria, salah satu efeknya adalah ketertarikan dengan lawan jenis. Cinta selalu menciptakan banyak hal, salah satunya harapan untuk selalu ingin bersama. Kalau harapan terkabulkan, rasanya gembira luar biasa. Tapi kalau tidak, wah bisa duka lara selamanya ... ini nih, yang biasanya membuat stres.

Ada dua jenis stres, yaitu stres yang bersifat positif (eustress) dan stres yang bersifat negatif (distress). Eustress dibutuhkan dan bahkan penting di masa-masa tumbuh kembang seseorang. Tetapi stres yang terus menerus dengan kadar yang tinggi, bisa merusak dan menjadi distress. Stress negatif ini bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari anxiety, depresi, hingga berbagai penyakit berat seperti serangan jantung, hipertensi, dan sebagainya.

Tips mengatasi stres garis besarnya ada beberapa. Pertama, ini yang termudah, adalah menghindari stressor atau strategi avoidant. Misal, kamu punya teman yang sangat usil dan selalu mem-bully kamu. Untuk terhindar dari stres akibat tingkahnya yang menyebalkan, kamu memilih menjauh, pindah tempat duduk, atau malah pindah sekolah, jika memang kelakuannya sangat tidak bisa ditolerir. 

Menghindari stres memang bisa mencegah stres, tetapi hanya sementara. Misalnya, dalam kasus tersebut, kamu akhirnya pindah sekolah. Tetapi, bukan jaminan kamu tidak bertemu orang yang sama-sama menyebalkan, bahkan bisa jadi lebih menyebalkan.

Maka, kita perlu menempuh cara kedua, yaitu strategi approach yaitu secara aktif mendekati stressor dan berusaha melakukan tindakan yang berlawanan, yang sifatnya bisa mengurangi stres yang mungkin kamu lakukan. Contohnya, kamu dengan berani mengatakan: tolong jangan bully aku terus-menerus, kalau tidak aku akan melaporkan kamu kepada guru.

Contoh lain: kamu mempunyai guru yang suka sekali memberi PR. Strategi avoidantnya adalah kamu membolos pas jam sekolahmu. Strategi approach-nya, kamu berusaha memahami PR tersebut, meminta bantuan kakakmu untuk menjelaskan, dan mencari cara agar bisa mengerjakan PR tersebut dengan cara yang cepat namun tepat.

Strategi approach ini seringkali efektif, namun butuh usaha, tenaga, dan juga keberanian yang lebih. Tetapi jangan khawatir, jika kamu berani menempuh strategi ini, lama-lama kamu akan semakin tangguh dan bisa beradaptasi jika mengalami hal-hal yang menyulitkan dan membikin stres. Kamu akan memiliki satu kemampuan yang disebut sebagai resiliensi atau kemampuan mengatasi (coping) stres atau kesulitan-kesulitan lain yang membuatmu tak nyaman.

Bukan berarti strategi avoidant nggak penting ya. Dalam beberapa hal, avoidant juga penting, terutama untuk hal-hal yang memang kita kesulitan mengatasi. Misal, kamu sedang banyak masalah di rumah, bapak dan ibu bertengkar, kakak-kakak juga tak akur, sementara kamu butuh konsetrasi persiapan ujian. Maka untuk sementara kamu menyingkir dulu ke rumah eyang di desa yang sepi dan sejuk untuk belajar.

Oke, jadi itu ya, garis besar tips bagaimana menghadapi stres. Untuk strategi mengatasi (coping) stres secara lebih mendetail, nanti kita bicarakan di kesempatan lain.

Salam!

Kak Yeni 

Keterangan

gambar: flexjobs