Tips Mudah Move On Dari Patah Hati


Pertanyaan

Dear Kak Admin, aku baru diputus pacar. Rasanya sakiiit sekali. Tapi aku nggak ingin lama-lama dalam kondisi semacam ini. Bagi tip untuk bisa segera move on, dong!

[SO di Kota P]

Jawaban

Hai, Sobat SO. Kami paham sekali perasaan kamu, yang pastinya sedang sangat sedih dan kecewa. Tetapi, kami sangat menghargai sikapmu yang ingin segera bangkit atau istilahnya move on dari sakit hati yang terus menerus. Pasti ada kok, hikmah dari semua peristiwa yang kita alamin. Nah, berikut adalah lima tips untuk segera move on setelah diputuskan oleh pacar kamu itu.

Pertama, kamu harus berusaha menerima kenyataan, bahwa hubungan telah berakhir. Banyak orang bilang bahwa pacaran itu memang penuh ketidakpastian, sehingga mestinya jangan banyak berharap dari hubuungan yang tidak pasti itu. Tetapi, semua telah terjadi. Hindari terus menyalahkan siapapun, baik diri sendiri atau orang lain. Kalau kamu sudah sadar akan situasi ini, keren deh, karena ini  adalah langkah awal yang sangat penting untuk memulai proses penyembuhan.

Kedua, sebisa mungkin batasi kontak dengan mantan. Hindari dia, baik di dunia nyata ataupun dunia maya. Jangan justru sering kepo terhadap aktivitasnya. Saat kondisi sakit hati, kita tuh butuh ruang dan waktu bagi diri sendiri untuk menyembuhkan luka dan menghadapi perasaan negatif yang muncul. 

Ketiga, berusahalan fokus terhadap diri sendiri. Kamu bisa melalukan berbagai aktivitas yang bisa membuat rasa sedih kamu teralihkan. Misal bertemu teman-teman, menekuni hobi atau mencoba hal-hal baru yang bermanfaat. Kamu juga bisa lebih banyak “memanjakan diri” dengan memberi perhatian lebih pada diri sendiri. Misal menikmati makanan yang kamu suka, piknik ke tempat yang ingin kamu kunjungi, atau membeli baju baru. Tetapi tentu tetap dalam kontrol diri ya, jangan sampai kamu malah jadi bangkrut gara-gara hal itu, hehe.

Keempat, yuk berolahraga secara teratur! Juga terapkan gaya hidup yang sehat agar produksi endorfin dalam tubuh meningkat, yang bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia.

Kelima, sabar ya, nikmati proses. Menyembuhkan luka hati itu tidak akan bisa terjadi sejam dua jam atau semalam dua malam. Ada satu teori yang mengatakan bahwa butuh 21 hari untuk bisa move on dari patah hati. Pada waktu selama ini, terus lakukan relaksasi, tahan rasa sakit itu. Kamu tentu boleh menangis, sebab keluarnya air mata juga merupakan bagian dari proses adaptasi tubuh terhadap stress. Ambil napas panjang saat rasa sedih itu datang, lalu lepaskan pelan-pelan. Kita juga bisa membaca Al-Quran atau berzikir—jika kamu Muslim. 

Itulah 5 tips dari CurhatYuk untuk kamu agar segera move on dari patah hati. Semoga kamu segera mendapatkan kebahagiaan. [Yeni Mulati, M.Psi].